Tipe Hepatitis dan Penanganan-nya

Pada dasarnya, semua penyakit hepatitis adalah peradangan pada hati. Yang membedakannya adalah jenis virus yang menyebabkannya. Gejala, penyebab, pengangan, dan tingkat kronisnya juga berbeda-beda.

Hepatitis A
*Penyebab: Virus yang disebarkan oleh feses (tinja) yang masuk ke tubuh melalui mulut lewat makanan atau minuman. Untuk itu, apabila tangan terkena tinja, harus dicuch hingga bersih agar terhindar dari virus ini. Sebelum makan, juga lebih baik cuci tangan dulu.

*Gejala: Demam, lemah, letih, dan lesu, pada beberapa kasus, sering kali terjadi muntah-muntah yang terus-menurus sehingga menyebabkan seluruh badan terasa lemas. Demam yang terus-menerus. Air kencing berwarna kuning, bahkan cokelat, dan feses berwarna pucat. Mata menguning, diikuti bagian tubuh yang lain.

*Pencegahan: Menjaga kebersihan dan bisa juga dengan vaksinasi.

*Perawatan: Banyak-banyaklah istirahat. Ditambah dengan antibiotik khusus, penyakit ini akan hilang dalam dua minggu, paling lama satu bulan. Setelah menghabiskan antibiotik, tubuh akan mempunyai antibiotik pada virus penyebab hepatitis A.

Hepatitis B
*Penyebab: Virus hepatitis B (VHB), anggota famili ‘Hepadnavirus’. Virus ini bisa ada di dalam darah dan tersebar dari transfusi darah, juga penggunaan jarum suntik yang tidak steril, serta hubungan seksual dengan penderita. Bisa juga akibat keracunan obat dan paparan berbagai macam zat kimia, seperti karbon tetraklorida, chlorpromazime, chloroform, arsen, fosfor, dan zat-zat lain yang digunakan sebagai obat dalam industri modern. Zat-zat kimia ini mungkin saja tertelan, terhirup, atau diserap melalui kulit penderita.

*Gejala: Pada periode akut, tak ada gejala yang bisa dilihat langsung. Virus yang ada di dalam darah tidak memberikan efek yang signifikan. Namun, ketika virus itu menumpuk di hati, gejala penyakit hepatitis ini bisa terlihat. Badan menjadi kunih, lemah, lesu, dan nyeri.

*Pencegahan: Sudah ada vaksinnya. Sekarang semua bayi yang lahir wajib disuntik vaksin ini.

*Perawatan: Perawatan kesehatan dari rumah sakit bisa menyembuhkannya.

Hepatitis C
*Penyebab: Virus hepatitis C menyebar dengan kontak darah ke darah dari seseorang yang terinfeksi.

*Gejala: Gejala dan penularannya hampir sama dengan hepatitis B, begitu juga prevalensi penyakitnya. Walaupun intervensi media awal dapat membantu, orang yang mengalami infeksi virus hepatitis C sering kali tidak tertolong karena akses kesehatan tak terjangkau oleh mereka dan biaya yang tinggi.

*Pencegahan: Vaksinnya belum ada, tapi obat untuk penyebuhan bagi yang terserang rudah ada. Penyakit ini bisa disembuhkan

Sumber: Republika, 4 Desember 2011

Tinggalkan komentar